Mabes TNI Perkarakan Tirto.id, LBH Pers: Harusnya Gunakan Mekanisme Hak Jawab!

Rudrik Syaputra | Jumat, 21-04-2017 | 18:23 WIB
Mabes TNI Perkarakan Tirto.id, LBH Pers: Harusnya Gunakan Mekanisme Hak Jawab!
Ilustrasi

Covesia.com - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers memandang tindakan Markas Besar TNI untuk menindaklanjuti secara hukum pemberitaan jurnalis investigasi Allan Nairn di situs berita tirto.id, dinilai tidak tepat.

Direktur LBH Pers Padang, Roni Saputra kepada Covesia.com, di Padang, Jumat (21/4/2017) mengatakan, jika nantinya TNI memproses hukum pemberitaan tersebut ke pihak kepolisian, langkah tersebut sangat tidak tepat.

"Seharusnya Mabes TNI menggunakan mekanisme hak jawab atau mengadukan persoalan tersebut ke Dewan Pers," katanya.

Menurut Roni, Dewan Perslah yang akan memroses apakah berita tersebut memenuhi unsur pidana atau tidak.

Roni mengatakan, jika TNI tetap menyikapi pemberitaan itu ke jalur hukum, itu membuktikan bahwa terjadi dengan nyata sikap penyerangan terhadap kebebasan pers.

"Kita sudah sangat paham jika aktivitas jurnalistik dilindungi Undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999," katanya.

Dia menilai, tindakan Mabes TNI mempersoalkan pemberitaan tersebut secara hukum, menunjukkan jika TNI tidak paham dengan UU Pers.

"Jangan sampai ada tindakan-tindakan yang seperti ingin membredel media massa dengan membawa kasus pemberitaan ke ranah hukum," tegasnya.

Sebelumnya, pemberitaan jurnalis investigasi "Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar" dinilai sebagai isu berita hoax oleh Markas Besar TNI.

Keterangan resmi yang diterima Covesia.com, Jumat (21/4/2017), Mabes TNI memandang isu berita yang dimuat di media online tirto.id pada 19 April 2017 yang berjudul "Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih Untuk Makar", tidak benar atau Hoax.

"Dari pemberitaan tersebut, Mabes TNI akan mengambil langkah hukum dengan membuat laporan kepada Kepolisian RI agar diusut dan diproses sesuai hukum yang berlaku," tegasnya.

(rdk)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Tim Film Masjid Salman ITB Siapkan Pembuatan Film Iqro II di Paris

Tim Film Masjid Salman ITB Siapkan Pembuatan Film Iqro II di Paris

Covesia.com - Tim Film Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Tim Iqro melakukan survei guna menyiapkan pembuatan film Iqro II di Paris,...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring