Lindungi Hak Konsumen, Pemkot Pariaman Bentuk BPSK

Primadoni | Senin, 17-04-2017 | 16:26 WIB
Lindungi Hak Konsumen, Pemkot Pariaman Bentuk BPSK
Ilustrasi (IST)

Covesia.com - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, membentuk Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) untuk menjamin dan melindungi hak setiap konsumen di daerah itu.

"Pemerintah daerah terus berupaya untuk menjamin dan menjaga hak setiap masyarakat terhadap transaksi jual beli yang dilakukan penjual dan konsumen," kata Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman di Pariaman, Senin (17/4/2017)

Ia mengatakan lembaga atau badan tersebut diharapkan dapat menjaga dan menyelesaikan setiap permasalahan konsumen dengan penjual apabila terjadi sengketa.

"Prinsipnya tetap mengedepankan musyawarah antara kedua belah pihak, oleh sebab itu badan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Pemerintah daerah juga mengimbau setiap masyarakat agar lebih memahami dan bijaksana terhadap barang yang dibeli.

Sebagai contoh, ujarnya, masyarakat harus lebih seksama dalam memperhatikan barang yang dibeli seperti kualitas, masa berlaku, menggunakan produk dalam negeri, dan membeli barang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Perindagkop dan UKM) Gusniyetti Zaunit mengatakan, perlindungan kepada setiap konsumen telah diatur secara jelas dalam Undang-Undang nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Kemudian,lanjut dia, pemerintah melahirkan Keputusan Presiden (Kepres) nomor 13 tahun 2012 tentang Hari Konsumen Nasional.

"Pemerintah daerah terus berupaya memberikan perlindungan dan jaminan kepada konsumen dengan cara melakukan pemantauan ke lapangan secara berkala," ujarnya seperti yang dilansir dari antara.

Selain itu pihaknya juga mengajak masyarakat kota itu agar menjadi konsumen cerdas dalam setiap membeli barang dagangan.

Ia mengimbau masyarakat apabila merasa dirugikan oleh penjual diharapkan melaporkannya ke BPSK untuk diselesaikan secara musyawarah.

(*/don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Sweater Wol Tembus Pandang Karya Terbaru Calvin Klein

Sweater Wol Tembus Pandang Karya Terbaru Calvin Klein

Covesia.com - Calvin Klein, perancang Amerika tersebut mengeluarkan karya terbaru berupa rajutan yang berbeda dari biasanya. Calvin Klein menjual...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring