Rupiah Kamis Pagi Melemah 47 poin

| Kamis, 06-11-2014 | 10:42 WIB
Rupiah Kamis Pagi Melemah 47 poin
Uang Rupiah. (Muhammad Fitrah/covesia.com)

Jakarta - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis pagi bergerak melemah sebesar 47 poin menjadi Rp12.155 dibandingkan posisi sebelumnya Rp12.108 per dolar AS.

"Rupiah melemah mengikuti pelemahan mata uang di negara kawasan Asia menyusul menurunnya data PMI (Purchasing Managers Index) Tiongkok," kata Ekonom Samuel Sekuritas Rangga Cipta di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan bahwa pelemahan rupiah juga dipicu oleh data produk domestik bruto (PDB) Indonesia kuartal III 2014 yang menunjukkan perlambatan menjadi 5,01 persen dari kuartal sebelumnya 5,12 persen.

Di saat yang sama, lanjut dia, Indeks Harga Saham Gabungan Bursa Efek Indonesia (IHSG BEI) yang sempat menguat di pembukaan tadi juga berbalik arah ke area negatif.

"Hari ini (Kamis, 5/11), mata uang rupiah berpeluang mengalami pelemahan kembali," katanya.

Di sisi lain, lanjut dia, angka penjualan ritel di negara-negara kawasan Euro juga melambat, kondisi itu cukup untuk membawa dolar AS kembali naik walaupun pada saat yang sama mayoritas data AS yang diumumkan juga mengalami perlambatan. (ant/lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

ISL 2014

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Covesia.com - Lebih dari sepekan mengaku kelelahan karena "krisis spiritual", rapper Kanye West masih terbaring di sebuah rumah sakit di Los Angeles...

Ikuti Akun Facebook Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring