Indocomtech 2014

Pesawat Tanpa Awak Buatan Retra Lebih Hemat Rp30 Juta

| Jumat, 31-10-2014 | 23:01 WIB

Jakarta - Drone atau pesawat tanpa awak buatan Retra dan dua temannya melalui perusahaan mereka CV Cakrawala Creative bisa lebih hemat hingga Rp30 juta dibanding produk lain di pasaran.

Untuk satu unitnya, drone buatan Retra dkk dibandrol seharga Rp70 juta termasuk remote pengendali.

"Jika membeli pesawat sejenis yang bermerek, harganya bisa mencapai hampir Rp100 juta per unit," kata pria 25 tahun itu di pameran Indocomtech 2014 di Jakarta Convention Center, seperti dilansir Antara.

Drone tersebut dipamerkan di stan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur.

"Ini namanya multi rotor quad-copter (empat baling-baling) yang fungsinya untuk mendokumentasikan gambar atau video dari udara," katanya.

Drone tersebut dilengkapi dengan GPS, kamera, dan sudah ditanami program. Pesawat itu bisa terbang hingga ketinggian 500 meter dengan jarak kendali sejauh 2 kilometer.

"Pesawat ini bertenaga listrik dan bisa terbang selama maksimal 15 menit. Drone ini juga dilengkapi sistem autopilot, bisa bergerak sendiri sesuai perintah yang dimasukkan dalam program pesawat," ujar Retra.

Bermacam jenis drone yang telah dibuat Retra dkk.

"Selain empat baling-baling, kami juga membuat jenis enam (baling-baling), delapan, tunggal (helicopter), dan berbentuk pesawat terbang ukuran kecil," kata dia.

CV Cakrawala Creative milik Retra dkk berlokasi di daerah Bumiayu, Malang, Jawa Timur. (ant/rud)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Tim Film Masjid Salman ITB Siapkan Pembuatan Film Iqro II di Paris

Tim Film Masjid Salman ITB Siapkan Pembuatan Film Iqro II di Paris

Covesia.com - Tim Film Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) atau Tim Iqro melakukan survei guna menyiapkan pembuatan film Iqro II di Paris,...

Ikuti Akun Instagram Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring