Ayo, Tingkatkan Daya Ingat Anda dengan Cara Berikut!

Ila Sean | Senin, 20-03-2017 | 17:38 WIB
Ayo, Tingkatkan Daya Ingat Anda dengan Cara Berikut!
ilustrasi

Covesia.com - Daya ingat yang menurun dapat mengganggu aktivitas dan performa kerja. Hal ini tidak hanya disebabkan oleh faktor usia saja, lho! Namun, juga dipengaruhi oleh gaya hidup dan lingkungan.

Faktor gaya hidup ini termasuk kurangnya waktu tidur, pola makan yang tidak sehat, stres, dan sebagainya. Sedangkan faktor lingkungan yang berperan adalah polusi udara, paparan racun, dan bahan kimia yang tersebar di udara maupun makanan.

Untuk mempertajam kembali daya ingat anda, perubahan gaya hidup sangat diperlukan. Karena ini akan mendorong otak anda untuk memproduksi sel-sel saraf yang baru. Dengan demikian, memori otak akan meningkat secara perlahan.

Berikut ini gaya hidup sehat untuk meningkatkan daya ingat anda, dirangkum covesia dari laman klikdokter:

Mengkonsumsi makanan bergizi

Makanan berperan penting dalam peningkatan kemampuan daya ingat. Daftar makanan ini dapat membantu kinerja otak anda:

  • Omega-3. Bisa diperoleh dari minyak ikan, minyak krill, dan alpukat. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan reseptor neurotransmiter di otak sehingga otak dapat bekerja lebih baik.
  • Vitamin D. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kekurangan asupan vitamin D dapat menurunkan kinerja dan fungsi otak.
  • Minyak kelapa. Minyak kelapa telah terbukti dapat mencegah penyakit demensia dan Alzheimer.
  • Brokoli. Brokoli mengandung kalsium, vitamin C, vitamin B, besi, dan vitamin K. Zat-zat tersebut berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak.
  • Bayam. Sayuran hijau ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat memperlambat gejala demensia.
  • Cokelat. Kandungan flavonol di dalam cokelat dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah di dalam otak, yang tentunya berhubungan dengan kemampuan fungsi kognitif dan memori.
  • Blueberry. Buah ini merupakan antioksidan yang sangat baik, sehingga dapat mencegah kerusakan otak yang diakibatkan oleh radikal bebas dan stres.

Berolahraga secara teratur

Kegiatan olahraga yang rutin dapat membuat kapasitas otak menjadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan olahraga dapat meningkatkan aliran darah menuju otak, sehingga fungsi kognitif untuk berpikir juga meningkat.

Tidur yang memadai

Berusahalah untuk tidur sebanyak delapan jam sehari. Kebiasaan ini dapat meningkatkan kemampuan memori otak, kreativitas, dan daya tangkap anda. Selain itu, racun-racun dari dalam tubuh juga bisa tersingkirkannext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Ramaikan Blantika Musik Indonesia, Sarah Usman Bawakan Lagu Rieka Roslan

Covesia.com - Sarah Usman, penyanyi kelahiran Jakarta 4 September 1987, meramaikan blantika musik Indonesia lewat lagu "Cinta Bukanlah Cinta" karya...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring