Catalunya Kembali Desak Spanyol untuk Izinkan Gelar Referendum

Alif Ahmad | Senin, 20-03-2017 | 15:59 WIB
Catalunya Kembali Desak Spanyol untuk Izinkan Gelar Referendum
Ilustrasi (Google Maps)

Covesia.com - Pemerintah separatis Catalunya pada Minggu (19/03) waktu setempat kembali mendesak pemerintah pusat Spanyol untuk mengizinkan mereka menggelar referendum legal tentang kemerdekaan, seperti yang digelar di Skotlandia pada 2014 atas persetujuan London.

"Pemerintah Inggris dan Skotlandia setuju untuk menggelar referendum," kata presiden pemerintah regional Catalunya, Carles Puigdemont, dan wakil presidennya, Oriol Junqueras, dalam sebuah surat yang diterbitkan di harian El Pais.

"Dan semuanya mengindikasikan bahwa Skotlandia dan Inggris akan kembali setuju dengan perayaan referendum kemerdekaan baru."

Perdana Menteri Skotlandia Nicola Sturgeon pada Senin meminta referendum kemerdekaan baru pada awal 2019, setelah ketentuan perpisahan Inggris dari Uni Eropa (UE) sudah lebih jelas.

Dia diduga akan mendapat dukungan parlemen Skotlandia untuk menggalang suara pada Rabu, namun masih harus mendapat persetujuan pemerintah Inggris untuk melanjutkannya.

Dalam plebisit Skotlandia pada 2014, 55 persen mendukung untuk tetap bergabung dengan Inggris Raya.

"Skenario sebuah referendum yang disetujui adalah apa yang kami inginkan di Catalunya," tulis pemimpin Catalunya dalam surat mereka.

"Kami ingin mengingatkan kembali apa yang kami ajukan di berbagai kesempatan. Hari ini, meskipun ada firasat buruk dan penolakan langsung dari pemerintah Spanyol, kami kembali memintanya.

(ant/lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Internasional

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring