Bentrok di Masjid Al-Aqsa, 20 Warga Palestina Terluka

| Rabu, 05-11-2014 | 20:19 WIB

Jerusalem - Sebanyak 20 orang warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan polisi Israel yang terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa di Jerusalem Timur.

"Ada sekitar 20 orang yang terluka akibat bentrokan itu," sebut pengelola Al-Aqsa dari Palestina, Omar Alkeswani, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (5/11/2014).

Dalam keterangannya, kepolisian Israel menyebut bentrokan berawal ketika warga Palestina yang berunjuk rasa mulai melempari polisi Israel dengan batu dan petasan. Sementara Polisi Israel menggunakan granat cahaya untuk membubarkan massa.

Insiden pelemparan tersebut, menurut kepolisian Israel, terjadi beberapa menit sebelum kompleks Al-Aqsa dibuka untuk pengunjung umum. Bentrokan semacam ini cukup sering terjadi beberapa waktu terakhir.

Selain masjid Al-Aqsa, di dalam kompleks tersebut juga terdapat Haram al-Sharif yang merupakan tempat suci ketiga bagi umat muslim dan juga Temple Mount yang merupakan tempat paling sakral bagi umat Yahudi.

Tayangan televisi menunjukkan sejumlah polisi perbatasan Israel berlari masuk ke dalam kompleks Al-Aqsa. Sedangkan sekelompok warga Yahudi dan pengunjung kompleks tersebut harus menunggu di luar.

"Polisi masuk ke dalam area tersebut, mendorong mundur perusuh bermasker, dan mereka kabur hingga ke dalam Al-Aqsa. Polisi kemudian menutup gerbang depan masjid tersebut, tapi tidak masuk," terang juru bicara kepolisian Israel, Micky Rosenfeld.

Pekan lalu, Israel menutup akses ke kompleks masjid ternama tersebut dengan alasan keamanan, sebelum akhirnya dibuka kembali pada Jumat (31/10). Penutupan tersebut menuai kecaman dari banyak pihak. Bahkan Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyebut penutupan tersebut sebagai deklarasi perang. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring