Cuaca Buruk Akibatkan Cabai Petani di Jabar Cepat Busuk

Primadoni | Selasa, 10-01-2017 | 20:48 WIB
Cuaca Buruk Akibatkan Cabai Petani di Jabar Cepat Busuk
Ilustrasi, Seorang pekerja di ladang Cabai milik Amirson dikawasan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang Sumatera Barat, Sabtu 7 Januari 2017 tengah memetik cabai yang masih muda untuk kemudian dijual ke pengepul. Amirson terpaksa memanen Cabai mi

Covesia.com - Petani cabai yang berasal dari Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, mengaku cabai mereka yang dipanen cepat membusuk dan pohon banyak yang rusak diakibatkan cuaca seperti sekarang ini, dimana hujan terus mengguyur.

Seorang petani cabai asal Kuningan, Sunardi (48) di Kuningan, Selasa (10/1/2017) mengatakan dengan intensitas hujan yang tinggi seperti sekarang ini, mengakibatkan hasil panen cabai cepat membusuk dan banyak terjangkit penyakit.

"Faktor cuaca sangat berpengaruh, apalagi hujannya terlalu tinggi, jadi cabai pun cepat busuk," kata Sunardi.

Ia menuturkan selain mengakibatkan cabai cepat membusuk, cuaca seperti sekarang juga merusak tanaman, dikarenakan banyak tanaman mati.

Kenaikan harga cabai juga tidak terlalu dirasakan oleh oara petani, sebab meskipun harga sedikit mahal, namun penghasilannya menjadi turun drastis, karena banyak pohon cabai rusak.

Ia bersama rekan-rekan petani lainnya, menjual cabai rawti dengan harga Rp60-Rp70 ribu perkilogramnya kepada Bandar.

"Biasanya, bandar langsung datang ke rumah petani, untuk mengambil cabai," tuturnya.

Sunardi mengatakan imbas dari tingginya intensitas hujan, juga mengganggu masa panen cabai, dimana biasanya cabai bisa dipanen dengan waktu 15-20 hari, kini baru bisa dipanen dalam waktu 30 hari.

"Jadi lebih lama juga panennya, tidak seperti biasanya yang paling 15-20 hari," katanya.

(*/don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Covesia.com - Mochamad Fachroni, personel grup Project Pop yang dikenal dengan nama Oon, meninggal dunia pada Jumat, setelah lama menderita...

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring