Prosesi Adat Penjemputan Jasad Tan Malaka Digelar 14 Januari di Limapuluh Kota

Utari Dwi Rahma S | Selasa, 10-01-2017 | 10:28 WIB
Prosesi Adat Penjemputan Jasad Tan Malaka Digelar 14 Januari di Limapuluh Kota
Pahlawan Nasional dari Sumatera Barat, Tan Malaka

Covesia.com - Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota beserta tokoh adat setempat akan menggelar acara majelis beradat pelepasan delegasi menjemput jasad Ibrahim Dt Tan Malaka pada Sabtu (14/1/2017).

Menurut Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengatakan acara ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap Pahalwan Nasional, Tan Malaka yang merupakan putra minang dengan pemikiran dan ideolognya mampu memberikan kontribusi terhadap kebangsaan Indonesia.

"Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Pucuak/Rajo Adat Kelarasan Bungo Satangkai, Tan Malaka Institute, YPP-PDRI 1948-1949, Limbago Adat Luak 50 dan Pemerintah Daerah Limapuluh Kota tentunya," terang Ferizal Ridwan.

Sebelumnya diketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota, Sumatera Barat, berupaya memindahkan makam salah satu tokoh pendiri Indonesia, Tan Malaka, dari Kediri ke Kabupaten 50 Kota.

"Saya berencana akan menjajaki upaya lobi kepada pemerintah daerah dan DPRD Kediri, termasuk pemerintah pusat, guna mengupayakan pemindahan makam (perilasan) beliau dari Kediri ke Limapuluh Kota," ujar Wakil Bupati 50 Kota, Ferizal Ridwan, yang dikutip dari halaman facebooknya, Kamis (17/11/2016).

Tim yang terdiri dari ahli waris dan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota akan menjemput kerangka Ibrahim Datuk Tan Malaka ke Kediri pada 15 Januari mendatang dan akan dimakamkan di Pandam Gadang, Kecamatan Gunug Omeh.

Wakil Bupati Limapuluh Kota, Ferizal Ridwan mengungkapkan tim yang menjemput tersebut akan mengurus berbagai administrasi di Kediri sehingga kerangka Tan Malaka bisa di bawa ke Limapuluh Kota.

"Soal pemindahan itu sudah tuntas, sebelumnya kita sudah bicarakan dengan Pemkab Kediri, nanti tim tinggal urus administrasinya saja," jelas Ferizal Ridwan kepada covesia.com melalui telepon selulernya, Rabu (28/12/2016).

(utr)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Nusantara

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Covesia.com - Mochamad Fachroni, personel grup Project Pop yang dikenal dengan nama Oon, meninggal dunia pada Jumat, setelah lama menderita...

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring