Kini Museum Hall of Fame Sudah ada di Jawa Barat

Primadoni | Selasa, 27-12-2016 | 16:40 WIB
Kini Museum Hall of Fame Sudah ada di Jawa Barat
Pengunjung menyaksikan gambar tokoh-tokoh Jawa Barat yang dipajang di Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat di Gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Selasa (27/12/2016). (ANTARA News/Ajat S

Covesia.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan hari ini meresmikan Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat, museum yang menampilkan tokoh-tokoh terkenal dari era sebelum kemerdekaan sampai sekarang.

"Bisa dikatakan Hall of Fame ini yang pertama kali di Indonesia. Baru Jawa Barat yang punyanya. Kita meminjam idiom populer Hall of Fame dan supaya ada padanannya kita pakai kata Inohong atau tokoh Jawa Barat," kata kurator Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat Aat Suratin di sela acara peresmian di Gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Bapusipda) Jawa Barat di Jalan Kawaluyaan, Kota Bandung, Selasa (27/12/2016).

Ruangan dengan luas sekitar 600 meter persegi di salah satu sudut Gedung Bapusipda Jawa Barat diubah menjadi museum yang menampilkan foto dan patung tokoh pendidikan, seni, politik, kebudayaan, dan pemerintahan Jawa Barat yang berjasa dan terkenal dari era sebelum kemerdekaan hingga sekarang.

"Total ada sekitar 350 tokoh atau item yang masuk ke Hall of Fame/Panggung Inohong Jawa Barat ini. Jumlah ini akan terus bertambah karena kita sedang kembangkan versi e-book-nya dan museum ini gratis untuk umum," kata dia.

Panggung Inohong juga menyuguhkan rangkuman sejarah kerajaan yang ada di Provinsi Jawa Barat serta pahlawan sebelum kemerdekaan seperti Bagus Rangin, Inggit Garnasih, RD Dewi Sartika dan Mohamad Toha serta pahlawan setelah kemerdekaan asal Jawa Barat seperti Umar Wirahadikusuma dan Otto Iskandardinata.

Selain itu ada tokoh-tokoh masa kini mulai dari Ridwan Kamil, Ustaz Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), penyanyi Bimbo dan Nike Ardila, komedian Kang Ibing, penari Gugum Gumbira, seniman Budi Dalton, seniman Ully Sigar, cendekiawan Ono Purbo, dan pengusaha Arifin Panigoro.

Ada juga tokoh-tokoh yang sekarang dianggap menjadi inspirasi seperti atet karate yang mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2015 Lala Diah Pitaloka, dan pesinden Rita Tila.

(ant/don)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menutup Aurat Bikin Risty Tagor Nyaman sebagai Perempuan

Menutup Aurat Bikin Risty Tagor Nyaman sebagai Perempuan

Covesia.com - Menutup aurat dengan busana syar'i diakui Risty Tagor membuatnya merasa semakin nyaman dan terlindungi sebagai seorang perempuan.Selain...

Ikuti Akun Thumblr Covesia.com

Wawancara

Foto Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Covesia.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas)...

Website Monitoring