Kebiasaan Menunda Pekerjaan Ternyata Bisa Diatasi Lho!

Ila Sean | Senin, 19-12-2016 | 10:04 WIB
Kebiasaan Menunda Pekerjaan Ternyata Bisa Diatasi Lho!
Pixabay
.

Hentikan kebiasaan mulai bekerja di saat-saat terakhir

Apakah Anda menikmati sensasi gairah menghadapi tantangan tenggat waktu? Jika Anda tipe orang yang meyakini bahwa kinerja terbaik Anda adalah saat di bawah tekanan, buktikanlah. Tapi bila kebiasaan ini justru membuat Anda stres dan hasil kerja buruk, hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Mulailah pekerjaan sesuai jadwal atau bahkan lebih cepat, dengan demikian Anda bisa mencicilnya sehingga memiliki cukup waktu untuk melakukan pekerjaan dengan baik. Selain itu, memulai pekerjaan lebih awal juga memberikan waktu bebas yang lebih untuk Anda, sehingga Anda bisa terhindar dari stres.

Sadari perasaan yang dapat menghambat pekerjaan

Orang-orang yang dibesarkan oleh orang tua yang otoriter bisa menjadi seseorang yang suka melakukan procrastination. Ini semacam pemberontakan diri. Anda seharusnya melakukan tugas, namun justru menunda-nunda atau bahkan menolak kesempatan yang datang.

Seseorang dengan tipe ini mungkin merasakan keraguan dan keraguan sering kali menimbulkan perasaan gelisah, sedih, atau marah. Pahami emosi seperti apa yang bisa mengalihkan fokus Anda secara signifikan. Dengan memahaminya, Anda bisa membuat keputusan yang lebih jelas karena masalah sebetulnya berasal dari diri Anda sendiri.

Buat pengingat sebagai penentu prioritas pekerjaan

Jangan hanya berbicara pada diri sendiri tentang apa yang semestinya Anda lakukan dan kapan seharusnya selesai, namun buatlah semacam pesan pengingat. Misalnya dengan menggunakan kertas tempel atau gunakan pengingat di ruang kerja Anda. Di samping itu, jangan mendramatisir bahwa suatu tugas hanyalah remeh-temeh dan bisa dikerjakan nanti. Bila Anda terus berpikir demikian, Anda bisa merasakan ketakutan karena dihantui oleh kewajiban yang terbengkalai.

Jadi kerjakan saja tugas Anda tanpa perlu menilai bahwa tugas itu remeh atau tidak menurut standar Anda karena tugas adalah kewajiban yang harus dikerjakan.

Cobalah untuk mengikuti tips di atas dan memulai kehidupan yang lebih bahagia dan terhindar dari stres. Andalah yang paling mengetahui diri sendiri. Jadi, ketika Anda berpikir untuk melakukan procrastination, tanyakan kepada diri sendiri apa alasan harus menunda. Paksakan diri juga Anda untuk memulainya. Jangan pernah melebih-lebihkan perasaan takut yang tidak pada tempatnya. Bila tugas terasa berat, bagilah ke dalam beberapa segmen dan kerjakan secara bertahap.

(sea)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Menikah dengan Livia Giuggioli, Aktor Colin Firth Resmi Mendapat Kewarganegaraan Italia

Covesia.com - Aktor Inggris Colin Firth mendapatkan status kewarganegaraan Italia pada Jumat (22/9), menurut Kementerian Dalam Negeri di Roma."Aktor...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring