Kebiasaan Menunda Pekerjaan Ternyata Bisa Diatasi Lho!

Ila Sean | Senin, 19-12-2016 | 10:04 WIB
Kebiasaan Menunda Pekerjaan Ternyata Bisa Diatasi Lho!
Pixabay

Covesia.com - Apakah Anda termasuk orang yang suka menunda-nunda pekerjaan? Berarti Anda harus hati-hati, karena kebiasaan menunda-nunda ini dapat berdampak buruk bagi kehidupan Anda. Menunda-nunda pekerjaan kerap dilakukan sebagian orang, baik disadari maupun tidak disadari.

Yuk cek ciri-ciri dari orang yang suka menunda-nunda pekerjaan atau dikenal dengan istilah proscrastination berikut ini, dikutip Covesia dari Alodokter (19/12/2016):

  • Merasa bahwa mengerjakan tugas nanti saja dapat menjadi lebih baik karena ide atau tugas butuh waktu yang tepat.
  • Terlalu lama membuang waktu untuk memikirkan cara mudah melakukan pekerjaan.
  • Merasa membutuhkan lebih banyak waktu untuk 'mengkaji'.
  • Menempatkan diri pada pada posisi yang sulit, misalnya Anda memiliki cita-cita untuk mendapat gelar pendidikan yang tinggi, namun Anda meyakini bahwa orang-orang lebih muda dan lebih pintar dari Anda sehingga Anda menunda rencana tersebut.
  • Terlalu banyak memikirkan masa lalu, misalnya merasa bahwa Anda tidak bisa memulai pekerjaan karena di masa lalu tidak mengerti sebagaimana mestinya.
  • Merasa ragu-ragu untuk melakukan sesuatu.
  • Salah satu cirinya adalah ketika Anda menghadapi sesuatu yang tidak menyenangkan, membosankan, atau ragu pada kemampuan sendiri, Anda menjadi tidak mengutamakan kepentingan untuk dilakukan dan justru mengerjakan tugas yang bukan prioritas.

Adapun kebiasaan procrastination ini bisa membuat otak terjerat kepada pemikiran yang tidak menyenangkan dan berdampak buruk kepada kesehatan psikis. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan cenderung untuk makan lebih sedikit, tidur lebih sedikit, dan minum lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang mengerjakan tugas tepat waktu.

Setelah mengetahui ciri-ciri dari proscrastination, sebaiknya ikuti beberapa tips berikut untuk menghentikan kebiasaan procrastination.

Lakukan apa adanya

Seseorang yang perfeksionis biasanya takut jika apa yang dilakukannya tidak sempurna. Seseorang dengan tipe ini akan merasa terpuruk bila hasil kerjanya tidak sesuai harapan dan selalu ingin menjadi yang terbaik. Anda ingin melakukan pekerjaan dengan keinginan untuk sempurna, tapi terkadang tidak mampu karena faktor waktu, beban kerja, atau faktor lain.

Ingatlah selalu bahwa melakukan pekerjaan secara apa adanya saja lebih baik dibandingkan ingin sempurna, tapi dengan pekerjaan yang tidak selesai. Bila merasa belum puas dengan hasil kerja, Anda bisa memperbaiki kinerja secara bertahap untuk ke depannyanext

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Gaya Hidup

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Menutup Aurat Bikin Risty Tagor Nyaman sebagai Perempuan

Menutup Aurat Bikin Risty Tagor Nyaman sebagai Perempuan

Covesia.com - Menutup aurat dengan busana syar'i diakui Risty Tagor membuatnya merasa semakin nyaman dan terlindungi sebagai seorang perempuan.Selain...

Ikuti Akun Pinterest Covesia.com

Wawancara

Foto Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Covesia.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas)...

Website Monitoring