Aktivitas Penerbangan di BIM Belum Terganggu

| Rabu, 05-11-2014 | 15:04 WIB

Sumbar - Kabut asap yang terjadi di Sumatera sejak berapa hari belakangan ini tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Ketaping, Padangpariaman, Sumatera Barat.

Humas PT Angkasa Pura II BIM, Yosrizal saat dihubungi di Pariaman, Rabu (5/11/2014) menjelaskan, kabut asap yang berasal dari wilayah Palembang dan Jambi ini tidak mengakibatkan dampak berarti. "Belum mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau," ujarnya.

Yosrizal menambahkan, hanya saja melihat ketebalan asap menimbulkan kekhawatiran banyak orang. Kondisi BIM kata dia, berada di pinggir laut, jadi cuacanya cepat berubah. Sebentar kabut, sebentar juga hilang setelah ditiup angin laut. "Saat ini sering terjadi hujan lebat dan angin kencang," jelasnya.

Ia mengatakan tidak ada penerbangan yang tertunda karena cuaca buruk (asap). "Ada yang delay penerbangan di BIM Ketaping, tapi itu tidak begitu lama, hanya sekitar setengah jam saja," katanya.

Berdasarkan data BMKG Ketaping, untuk BIM terpantau gerak angin yang variabel dengan jarak pandang tiga kilometer. Kondisi tersebut sama sekali tidak berpengaruh dengan arus penerbangan keluar Padang ataupun balik ke Padang.

"Untuk pesawat yang datang maupun berangkat, masih tetap seperti biasa," ungkapnya.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Ketaping Padangpariaman, Budi Samiaji menyatakan kualitas udara di Sumbar dinilai kurang membaik karena beberapa daerah diguyur hujan. "Walaupun terjadi hujan, kualitas udara saat ini masih kurang baik," katanya.

Ia menjelaskan sumber kabut asap yang menyelimuti beberap wilayah di Sumbar berasal dari Sumatera Bagian Selatan. "Dari hasil pengukuran, tingkat kosentrasi karbon monoksida atau CO adalah 410 ppb, sedangkan kosentrasi aerosol atau partikel debu (PM10) mencapai 69 kilogram permeter kubik," ungkapnya. (ant/bim)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Bencana

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring