TNI AL : Ada Upaya Rusak Citra Keamanan Selat Malaka

| Rabu, 05-11-2014 | 14:25 WIB

Batam - Komandan Guskamla Armabar Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro menyatakan, ada indikasi oleh pihak asing yang berupaya merusak citra keamanan Selat Malaka dengan menebarkan isu dan tindak kejahatan di laut.

Padahal menurutnya, kondisi di Selat Malaka relatif aman, tapi ada indikasi upaya membuatnya tidak aman. Dugaan itu muncul dari lima perompakan dan pencurian di Selat Malaka selama empat bulan terakhir.

"Ada upaya perompakan pemindahan dari kapal tanker. Itu dicurigai sebagai permainan, 'by design'. Kapal dirompak karena kerja sama di dalam," katanya di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (5/11/2014).

Kapal-kapal asing itu umumnya berbendera Thailand yang dirompak di Selat Malaka. Namun, tidak seperti perompakan pada umumnya, tidak ada permintaan tebusan dan lain-lain.

Kapal berhasil diselamatkan dan dibawa ke Thailand. Namun, saat TNI AL hendak mengetahui perkembangan kasus itu, pihak berwenang Negeri Gajah Putih menyebutkan kasus sudah selesai.

"Dalam empat bulan, ada lima kejadian dengan modus yang sama," kata dia.

Ia menduga semua kejahatan itu sengaja direkayasa sebagai upaya membuat citra Selat Malaka buruk, sehingga kapal-kapal asing menghindari pelayaran melalui Selat Malaka dan memilih jalur lain. (ant/ary)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Flickr Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring