Dugaan Korupsi Wisma Atlet

Mantan Ketua Komisi X DPR RI Diperiksa KPK

| Rabu, 05-11-2014 | 12:51 WIB

Jakarta - Mantan Ketua Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Mahyuddin diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pembangunan Wisma Atlet Southeast Asian (SEA) Games dan Gedung Serbaguna Sumatera Selatan 2010-2011.

"Saksi Rizal Abdullah," kata Mahyuddin saat tiba di gedung KPK Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB di Jakarta, Rabu (5/11/2014).

Mahyuddin yang datang dengan mengenakan batik biru lengan panjang dan berpeci hitam mengatakan, tidak tahu mengenai pertanyaan yang akan diajukan. "(Tentang, red.) anggaran, tapi saya jelaskan kalau sudah selesai," katanya.

Sebelumnya, KPK sudah memeriksa anggota Dewan Perwakilan Rakyat 2014-2019 asal Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, I Wayan Koster.

"Tadi membahas proses pembahasan anggaran perubahan APBN 2010 untuk kegiatan SEA Games 2011 khususnya pembangunan Wisma Atlet Palembang, tidak ada lobi untuk anggaran," kata Koster pada Selasa (4/11).

Direktur PT Anak Negeri, Mindo Rosalina Manulang saat bersaksi di persidangan pernah mengungkapkan istilah "Pak Ketua" adalah kode untuk Mahyuddin.

Percakapan BlackBerry Messanger (BBM) antara Rosa dan mantan anggota Komisi X dari Fraksi Demokrat Angelina Sondakh mengungkapkan adanya jatah "apel malang" yang berarti uang rupiah untuk "Pak Ketua".

Saat dikonfirmasi dalam persidangan, Mahyuddin tidak membantah bahwa dirinya biasa disebut "Pak Ketua" di Komisi X, akan tetapi ia menegaskan siapa pun pimpinan yang memimpin rapat komisi, baik ketua komisi maupun wakil ketua komisi, dipanggil "Pak Ketua." Terkait dengan proyek Wisma Atlet, Mahyuddin juga membantah ada pihak yang berupaya meloloskan anggaran proyek senilai Rp191 miliar.

Menurut Wahyudin, pembahasan anggaran wisma atlet antara pemerintah dan DPR berlangsung cukup lama. (ant/bim)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Kriminal

Komentar

Berita Lainnya

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Pelawak Cahyono Meninggal Dunia pada Usia 65 Tahun

Pelawak Cahyono Meninggal Dunia pada Usia 65 Tahun

Covesia.com - Pelawak Cahyono meninggal dunia pada usia 65 tahun, Kamis, menurut kabar duka yang disampaikan oleh Maman Suherman, notulen acara lawak...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring