Januari-Oktober Dinsos DKI Tertibkan 2300 Gepeng

| Rabu, 05-11-2014 | 10:08 WIB

Jakarta - Semenjak Januari hingga Oktober 2014Dinas Sosial DKI Jakartatelah menertibkan sekitar 2.300 gelandangan dan pengemis (gepeng) di seluruh wilayah Jakarta, yang diketahui gepeng tersebut mengalami gangguan jiwa.

"Mereka kami dapati sedang berjalan, duduk, tidur di emperan pasar ataupun pinggiran jalan. Jumlah akumulasi Januari hingga Oktober ada sekitar 2.300 orang," kata Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial Prayitno di Jakarta kepada Antara yang dikutip Covesia.com, Rabu (05/11/2014).

Ia mengatakan untuk gepeng dengan latar belakang gangguan jiwa yang berhasil ditertibkan petugas di lapangan akan langsung ditampung di Panti Bina Laras dimana panti itu khusus menampung gepeng yang gangguan jiwa.

"Kami tampung para gepeng gangguan jiwa di panti Laras itu karena tidak mungkin harus masuk rujukan rumah sakit jiwa karena tidak cukup tempatnya," tuturnya.

Sementara para gepeng yang berlatarbelakang gangguan jiwa diberikan pengobatan dan perawatan oleh tenaga ahli di panti tersebut untuk penyembuhan.

Apabila nantinya gepeng tersebut sudah sembuh dan bisa berkomunikasi barulah akan dilakukan pendataan untuk diketahui darimana asal mereka setelah tahu alamat kampung halaman selanjutnya dilakukan pemulangan.

"Kebanyakan para gepeng ini mengalami gangguan jiwa karena sesuatu hal dan tidak alami sehingga masih bisa disembuhkan," ucapnya. (ant/lif)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Hari Pahlawan

Komentar

Baca juga

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Covesia.com - Lebih dari sepekan mengaku kelelahan karena "krisis spiritual", rapper Kanye West masih terbaring di sebuah rumah sakit di Los Angeles...

Ikuti Akun Flickr Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring