Akibat Kebakaran Lahan Gambut

Lagi, Banjarmasin Diselimuti Kabut Asap

| Rabu, 05-11-2014 | 09:55 WIB

Banjarmasin - Setelah lebih sepekan lalu cerah pascadiguyur hujan, Kota Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalimantan Selatan, beberapa hari ini kembali diselimuti kabut asap.

Pantauan di sejumlah daerah perkotaan, Rabu (5/11/2014) memperlihatkan, kabut asap tebal terjadi di wilayah Banjarmasin Barat dan Banjarmasin Utara, sedangkan kabut asap sedang terjadi hampir merata di wilayah kota.

Seorang pelajar SMPN di salah satu sekolah menegah di Kota Banjarmasin, Aulia Fitriayani, mengatakan, akibat kabut asap tersebut teman-teman sekolahnya terpaksa memakai masker.

"Masker-masker tersebut dibeli di apotik, atau pasar, digunakan untuk mengantisipasi agar tidak terlalu menghirup asap dari kebakaran lahan gambut," ujarnya.

Dijelaskan, masker tersebut dipakai selama dalam perjalanan dari rumah menuju sekolah, karena kabut asap cukup mengganggu perjalanan warga kota Banjarmasin yang mau beraktivitas.

Setelah masuk ruang kelas, lanjut Aulia, masker yang menutupi hidup dan mulut tersebut dilepas dan disimpan di dalam tas, untuk dipakai kembali saat pulang ke rumah. "Terkadang saat jam pulang, kabut asap masih terjadi di sejumlah daerah," terangnya.

Sementara itu, pada Selasa (4/11), kabut asap cukup tebal yang menyelimuti Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin di Kota Banjarbaru, mengakibatkan lima penerbangan yang telah dijadwalkan di tunda.

"Ada lima penerbangan yang ditunda sekitar 30 menit hingga satu jam dari jadwal," ujar Head of Airport Service Section PT Angkasa Pura I, Heru Widiatmo. Lima penerbangan itu adalah dua pesawat Lion Air tujuan Yogyakarta dan Surabaya, kemudian tiga penerbangan Garuda menuju Kota Balikpapan, Surabaya dan Jakarta. (ant/bim)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Bencana

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kunjungi Sumbar, Kvitland Perkenalkan Lagu 'Nasi Padang' Versi Indonesia

Kunjungi Sumbar, Kvitland Perkenalkan Lagu 'Nasi Padang' Versi Indonesia

Covesia.com - Audun Kvitland, pria asal Norwegia yang merupakan pelantun lagu "Nasi Padang" yang viral di media sosial (medsos) berkunjung ke...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring