Bursa Saham Tokyo Dibuka Melemah 0,46 Persen

| Rabu, 05-11-2014 | 09:34 WIB

Tokyo - Bursa saham Tokyo dibuka 0,46 persen lebih rendah pada Rabu (5/11/2014), karena investor mengambil keuntungan setelah Nikkei terangkat ke tingkat tertinggi tujuh tahun karena langkah-langkah stimulus mengejutkan bank sentral Jepang (BoJ).

Indeks Nikkei turun 77,03 poin menjadi 16.785,44 dalam menit-menit pertama perdagangan, berkurang dari penutupan Selasa pada 16.862,47.

Pedagang memperkirakan melihat beberapa konsolidasi setelah Nikkei menguat 10 persen selama empat sesi terakhir, didorong oleh keputusan mengejutkan minggu lalu oleh BoJ untuk memperluas program pembelian asetnya.

Investor juga menyambut baik keputusan dana pensiun publik Jepang -- terbesar di dunia -- untuk melipatgandakan jumlah ekuitas dalam portofolio investasinya.

"Langkah pelonggaran agresif tak terduga bank sentral Jepang minggu lalu, dikombinasikan dengan pergeseran alokasi saham Dana Investasi Pensiun Pemerintah telah menjadi pengubah permainan di pasar ekuitas, meningkatkan nilai saham," kata Norihiro Fujito, ahli strategi investasi senior di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities.

"Namun, beberapa aksi ambil untung akhirnya akan mengimbangi pembelian baru yang terjadi. Tapi arah penurunan Nikkei ke depan cenderung kurang jelas, karena lebih banyak investor -- termasuk pemerintah -- siap berdiri untuk membeli pada saat turun," katanya kepada Dow Jones Newswires.

Di New York pada Selasa, Dow Jones Industrial Average naik tipis 0,10 persen, sedangkan indeks berbasis luas S&P 500 turun 0,28 persen dan indeks komposit teknologi Nasdaq turun 0,33 persen.

Di pasar valuta asing, dolar berdiri pada 113,57 yen, sedikit menurun dari 113,63 yen di New York pada Selasa. Euro berada di 1,2550 dolar dan 142,52 yen, hampir tidak berubah dari 1,2545 dolar dan 142,55 yen di New York. (ant/AFP)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Facebook Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring