Manajerial Politik DPD RI Perlu Ditingkatkan

| Selasa, 04-11-2014 | 16:00 WIB

Jakarta - DPD RI perlu membangun manajerial politik agar mampu mengelola arah politiknya sesuai dengan dinamika politik nasional.

"DPD RI yang memiliki agenda mendorong amandemen kelima UUD 1945 harus mampu membangun komunikasi yang sejajar dengan DPR RI untuk dapat menggolkan usulan amandemen tersebut," kata Pakar Hukum Tata Negara, Irman Putra Sidin pada diskusi "Penguatan Kelembagaan DPD RI" di Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Menurut Irman, DPD RI sudah menyiapkan usulan amandemen UUD 1945 selama hampir 10 tahun, dan saat ini sudah siap diusulkan ke MPR RI dan hanya menunggu waktu yang tepat. Karena itu, kata dia, DPD RI harus mengagendakan usulan amandemen UUD 1945 ke MPR RI pada tahun pertama periode 2014-2019.

"Usulan amandemen UUD 1945 ini harus menjadi agenda DPD RI sekaligus agenda nasional," ucapnya.

Irman mengingatkan, agar DPD RI bergerak cepat dalam mengusulkan amandemen UUD 1945, karena kalau sampai pada tahun ketiga baru diusulkan maka dinamika politik di DPR RI sudah tidak sepenuhnya fokus membahas legislasi, tapi fokusnya sudah terpecah yakni persiapan pemilu periode berikutnya.

Menurut Irman, agar DPD RI mampu melobi DPR RI untuk menggolkan usulan amandemen UUD 1945, maka perlu meningkatkan manajerial politiknya. "Caranya dengan membentuk kelembagaan seperti fraksi di DPR RI, sehingga arah politik DPD RI lebih fokus dan terarah," tuturnya.

Pembangunan manajerial politik, kata dia, juga dengan meningkatkan visi dan kemampuan politik seluruh anggota DPD RI yakni sebanyak 132 anggota dari 33 provinsi.

Irman mengakui, anggota DPD RI memiliki kualitas yang baik karena mereka umumnya adalah para tokoh di daerahnya, tapi persoalannya mereka bergerak sendiri-sendiri di DPD RI tidak ada lembaga seperti fraksi, sehingga seperti tidak ada arah.

"Dengan peningkatan kemampuan anggota dan dibuat kelembagaan seperti fraksi, maka arah dan manajerial politik anggota DPD RI akan semakin terarah," pungkasnya. (ant/bim)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Moana Masih Kuasai Puncak Box Office

Moana Masih Kuasai Puncak Box Office

Covesia.com - Moana masih menguasai puncak box office Amerika Serikat dua minggu berturut-turut, dengan meraup 28,4 juta dolar AS pada akhir pekan,...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring