Beri Pelayanan Lebih Baik

Pemprov Sumbar Bentuk Pelayanan Perizinan Terpadu

| Selasa, 04-11-2014 | 15:49 WIB

Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah membentuk pelayanan satu pintu di bawah satu badan sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

"Sebelumnya kami memiliki Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), tetapi sejak Agustus 2014 melalui Perda Nomor 10 Tahun 2014 nomenklatur BKPM ditambahkan menjadi BKPM dan Pelayanan Perizinan Terpadu (PPT)," kata Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Sumbar, Onzu Krisno di Padang, Selasa (4/11/2014).

Menurut dia, perubahan nomenklatur itu sudah berlaku sejak Perda-nya ditetapkan Agustus 2014. "Semangat perubahan nomenklatur ini selain untuk menyesuaikan dengan kebutuhan daerah juga untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat," katanya.

Selain BKPM, katanya, sejumlah instansi lain di Sumbar juga mengalami perubahan nomenklatur seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pendidikan menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Peternakan menjadi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sedangkan Dinas Kehutanan namanya tetap tetapi ada bidangnya yang berubah.

Sebelumnya, saat membuka Rapat Koordinasi Kabinet Kerja 2014 di Istana Negara, Jakarta, Presiden Jokowi mengatakan akan memberikan waktu satu tahun bagi pejabat di daerah untuk mempersiapkan layanan satu atap guna meningkatkan kinerja pemerintah.

Presiden menegaskan akan ada sanksi bagi pemerintah daerah yang belum memiliki pelayanan satu atap jika waktu satu tahun yang diberikan telah habis. Bahkan tidak menutup kemungkinan adanya sanksi dalam bentuk pemberhentian Dana Alokasi Khusus.

Presiden menyebut hal itu sebagai politik anggaran. Menurut Presiden, layanan satu atap adalah salah satu cara untuk menghentikan keluhan publik terkait masalah perizinan. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kunjungi Sumbar, Kvitland Perkenalkan Lagu 'Nasi Padang' Versi Indonesia

Kunjungi Sumbar, Kvitland Perkenalkan Lagu 'Nasi Padang' Versi Indonesia

Covesia.com - Audun Kvitland, pria asal Norwegia yang merupakan pelantun lagu "Nasi Padang" yang viral di media sosial (medsos) berkunjung ke...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring