Mahasiswa Riau Tuntut Blok Kampar Dikelola Daerah

| Selasa, 04-11-2014 | 15:32 WIB

Pekanbaru - Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Front Mahasiswa Merebut Minyak Riau (Formatur) menuntut pemerintah pusat melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan alih kelola Blok Kampar kepada pemerintah daerah.

"Kami meminta pengelolaan minyak dan gas (migas) dikembalikan kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu sesuai dengan rekomendasi yang diberikan oleh Gubernur Riau," kata juru bicara Formatur, Slamet Widodo di Pekanbaru, Selasa (4/11/2014).

Ia mengatakan, tuntutan ini terkait dengan telah berakhirnya kontrak karya pengelolaan Blok Kampar oleh PT Medco EP tanggal 27 November 2013 dan akan berakhirnya masa penugasan sementara kedua oleh perusahaan yang sama pada 31 Desember 2014.

Menurutnya, sudah saatnya pengelolaan migas dikelola oleh daerah karena sudah tertuang dalam amanah Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945 yang berbunyi, "Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat". Ini yang harus diimplementasikan.

"Hal ini juga diperkuat dengan adanya Undang Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas yang memberi peluang kepada daerah untuk mengelola wilayah kerja (WK) migas di wilayah otonomi bersangkutan. Ini juga harus direalisasikan," katanya.

Formatur dalam petisinya juga menolak adanya rencana diadakannya lelang terbuka terhadap Blok Kampar karena akan menutup peluang daerah menguasai sumber kekayaannya sendiri.

Ia juga menolak secara tegas keberadaan PT Medco beserta seluruh anak usahanya sebagai pengelola Blok Kampar pada masa yang akan datang.

Menurut dia, mahasiswa akan terus memperjuangkan secara masif agar Blok Kampar dikembalikan ke daerah. "Jika tuntutan ini tidak ditanggapi dalam waktu 3 x 24 jam, maka kami akan melakukan demonstrasi dengan massa yang lebih banyak," katanya. (ant/bim)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring