DPR Masih Utang 121 RUU

Publik Boleh Berpartisipasi, Tapi Caranya...???

| Senin, 03-11-2014 | 20:05 WIB

Jakarta - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Sareh Wiyono mengatakan ada sekitar 121 RUU yang belum tuntas pembahasannya di periode 2009-2014. Baleg DPR berkomitmen membuka partisipasi publik seluas-luasnya dalam proses penyusunan undang-undang.

DPR periode 2004-2009 telah menyelesaikan 173 RUU, dari 284 RUU yang menjadi prolegnas dalam lima tahun. Sementara DPR periode 2009-2014 mampu menuntaskan 126 RUU dari 247 RUU prolegnas dalam lima tahun.

"Jemput bola akan dilakukan untuk menjaring sebanyak mungkin aspirasi masyarakat termasuk para pemangku kepentingan (stakeholder)," kata Sareh Wiyono dalam pernyataan pers di Jakarta, Senin (3/11/2014).

Terkait hal itu, Sareh mengatakan, Baleg akan mempelajari terlebih dahulu mana yang akan kita prioritaskan.

Dalam pembentukan undang-undang diperlukan partisipasi publik yang luas agar bisa mencerminkan kebutuhan dan kehendak masyarakat.

"Karena itu, sekali lagi, partisipasi publik sangat menentukan kualitas perundang-undangan yang dihasilkan," kata Sareh.

DPR periode 2009-2014 juga menaruh harapan agar RUU yang tidak dapat diselesaikan itu dapat dilanjutkan pembahasannya oleh DPR periode 2014-2019. (ant/rud)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Ancol Masih Jadi Pilihan Tempat Liburan Lebaran Warga Jakarta

Ancol Masih Jadi Pilihan Tempat Liburan Lebaran Warga Jakarta

Covesia.com- Taman Impian Jaya Ancol masih menjadi salah satu tujuan wisata favorit bagi warga Jakarta yang ingin menikmati libur Lebaran.Corporate...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring