Bangunan Tua, Aset Yang Terbengkalai

| Senin, 03-11-2014 | 19:42 WIB
Bangunan Tua, Aset Yang Terbengkalai
Salah satu bangunan tua Kota Padang yang pernah dijadikan hotel antik, namun kini kondisi sangat memprihatinkan. (Muhammad Fitrah/covesia.com)

Oleh : Muhammad Fitrah

Julukan Padang Sebagai Kota" Tercinta" seperti yang selama ini disematkan kepada ibu kota Provinsi Sumatera Barat.Sepertinya sebuah kata yang penuh dengan makna kasih sayang. Memahami kata" Tercinta" setidaknya membuat Kita menganologikannya terhadap suatu kepedulian yang mendalam untuk segala aspek yang menaunginya.

Satu hal yang tidak akan pernah lepas dalam rentang perjalanan waktu adalah,beberapa peninggalan-peninggalan masa lalu yang masih tersisa hingga saat ini. Salah satunya adalah bangunan tua yang memiliki guratan sejarah (Heritage) tentang Kota Padang sebelum era kemerdekaan.

Hal ini bisa kita telusuri pada sejumlah bangunan tua, yang ada di sepanjang kawasan Batang Arau dan di kawasan Klenteng atau Pondok. Banyak bangunan tua yang terbengkalai, alias tidak terurus dengan baik. Padahal bangunan itu memiliki nilai historis yang sangat dalam.

Jika kita melihat ketempat lainnya ditanah air,banyak kota-kota besar di tanah air justru merawat bangunan tuanya dengan baik. Selain bikin indah kota juga mendatangkan keuntungan dalam segi pariwisata. Banyak turis-turis yang suka dengan bangunan tua tersebut, karena bernilai sejarah tinggi.

Entah karena minimnya pendanaan atau kepedulian akan bangunan tua yang kurang. Ironisnya lagi kala kita memandang sejumlah bangunan tuanya malahan ditumbuhi pohon liar. Selain itu ada juga bangunan tua yang beralih fungsi. Yakni jadi tempat gudang, jadi perkantoran dan yang lebih parah lagi bangunan tua disulap menjadi bangunan tempat sarang burung walet.

Alangkah baiknya bangunan-banguan tua yang masih bisa direnovasi, direnovasi kembali dengan cara profesional. Dan kalau tidak sanggup pemerintah kota menanganinya, bisa diserahkan ke pihak swasta. Jangan lupakan sejarah, begitulah kata orang bijak. Padahal pemko Padang jelas-jelas punya banyak bangunan tua yang bersejarah. Jangan salahkan para turis lokal lokal atau mancanegara pada enggan berkunjung ke Padang, akibat tidak seriusnya pemko menangani banguan tua tersebut.

Salah satu contoh, pernah ada bangunan tua dijadikan hotel dan banyak turis yang menginap disana. Tapi entah kenapa sebabnya, hotel yang terletak di antara kawasan Batang Arau dengan kawasan Klenteng tersebut tutup. Dan tentu saja kondisinya sekarang sangat memprihatinkan. Banyak tumbuh pohon liar, dan sudah menyamak pula kata urang awak yang lewat disana. (Muhammad Fitrah/covesia.com)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring