Kota Solok Bentuk Kelompok Informasi Masyarakat

| Senin, 03-11-2014 | 16:37 WIB

Solok -Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat, membentuk Kelompok Informasi Masyarakat dalam memberikan keterbukaan dan penjelasan kepada masyarakat terkait informasi semua kegiatan pemerintah sebagai penyelenggara pembangunan.

Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Solok, Eva Nasri di Solok, Senin menyebutkan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan sebuah produk baru dari instansinya yang berfungsi untuk mencari, menampung, dan menyampaikan informasi yang aktual kepada publik. "Informasi yang didapatkan tersebut akan dibawa ke tingkat pemerintahan dan menjadi acuan untuk penyusunan RAPBD pada tahun anggaran berikutnya," katanya, Senin (3/11/2014).

Informasi tersebut, katanya, menyangkut segala hal tentang pembangunan masyarakat, baik berupa saran maupun sebuah kritikan yang bersifat positif untuk pembangunan. "Informasi yang menjadi acuan dalam penyusunan RAPBD, setelah dilakukan pembahasan, akan disampaikan kembali hasilnya kepada publik secara terperinci, baik melalui media cetak maupun media elektronik," jelasnya.

Ia menambahkan, KIM didirikan pada setiap kelurahan dengan anggota dari berbagai elemen masyarakat yang mempunyai nilai-nilai tersendiri di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Ia menyebutkan, keterbukaan informasi publik sangat perlu dilakukan untuk mewujudkan keseimbangan serta membatasi terjadinya kesalahan persepsi atau pandangan yudikatif, terkait keterpaduan kerja antara eksekutif dan legislatif.

"Salah persepsi atau berlainan pandangan yang terjadi di masyarakat yang ada terkait sebuah pembahasan atau sesuatu permasalahan yang harus diselesaikan. Terkadang disebabkan karena adanya sebuah isu yang sengaja dilemparkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan kelompok," katanya.

Selain itu, KIM merupakan sebuah rumusan yang terdapat dalam UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), yang menyatakan informasi terkait pelaksanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah, adalah hak masyarakat untuk mengetahuinya, jelasnya. (ant/cal)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring