Lima Kecamatan Ini Endemis Penyakit Kaki Gajah

| Senin, 03-11-2014 | 12:29 WIB

Kuala Pembuang, Kalteng - Lima dari sepuluh kecamatan di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah tercatat sebagai daerah endemis filariasis atau rawan terhadap penyebaran penyakit kaki gajah.

"Lima kecamatan tersebut ada Kecamatan Seruyan Hilir, Telaga Pulang, Seruyan Raya, Hanau dan Seruyan Tengah, dengan total desa 24 desa," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Bahrun Abbas di Kuala Pembuang, Senin (03/11/2014).

Berdasarkan survey darah jari (SDJ) di kecamatan yang tergolong endemis, rata-rata ditemukan adanya kasus penyakit filariasis, pada 2011 sampai 2013 dari 2.135 sample darah telah ditemukan tiga penderita kaki gajah di Seruyan Raya dan Seruyan Tengah.

"Pada survey 2014 ini telah ditemukan empat orang warga yang menderita kaki gajah, dan berdasarkan hasil penelitian, satu persen dari 100 sampel darah penduduk Kabupaten Seruyan diketahui mengandung virus mikro filariasis yang menyebabkan penyakit kaki gajah," katanya.

Warga Seruyan juga harus mewaspadai penyebaran penyakit yang menimbulkan cacat fisik ini, karena Seruyan diapit dua kabupaten endemis filariasis, yakni Kotawaringin Barat dan Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Sebagai bentuk pencegahan penyebaran penyakit kaki gajah maka pada 2015 kita akan melakukan pemberian obat massal pencegahan (POMP) sekali setahun selama lima tahun kepada seluruh warga baik anak-anak maupun orangtua," katanya. (ant/lif)

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Moana Masih Kuasai Puncak Box Office

Moana Masih Kuasai Puncak Box Office

Covesia.com - Moana masih menguasai puncak box office Amerika Serikat dua minggu berturut-turut, dengan meraup 28,4 juta dolar AS pada akhir pekan,...

Ikuti Akun LinkedIn Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring