PSK Wajib Ikuti BPJS

| Senin, 03-11-2014 | 12:12 WIB
PSK Wajib Ikuti BPJS
BPJS Ketenagkerjaan

Sampit - Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, diharapkan bisa menjadi peserta Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sampit, Rotulus Pasaribu, Senin (3/11/2014) mengatakan PSK yang ada saat ini masih belum didaftarkan dalam jaminan sosial di BPJS. Sehingga BPJS cabang Sampit mengumpulkan para pengelola karaoke untuk sosialisasi dan meminta mereka mendaftarkan.

Sesuai aturan, seluruh tenaga kerja wajib mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan, baik tenaga kerja formal maupun informal. Tenaga kerja informal seperti PSK, penarik becak, pedagang keliling dan lainnya, sebagian besar belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Mengikuti program BPJS merupakan amanah Undang-Undang Dasar 1945 yang kemudian ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, kemudian ditindaklanjuti dengan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2011 tentang pembentukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.

Dinsosnakertrans berharap seluruh tenaga kerja mendapatkan jaminan sosial. Dengan begitu, mereka bisa bekerja dengan tenang dan keluarga mereka juga terlindungi jika terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap tenaga kerja. (ant/ary)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring