Gunung Slamet Hembuskan Asap Puith Setinggi 150 Meter

| Senin, 03-11-2014 | 10:52 WIB

Purwokerto - Kegempaan Gunung Slamet di perbatasan wilayah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes, Jawa Tengah, belum stabil, kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono.

Pada Senin, secara visual teramati embusan asap putih sedang dengan tinggi 50-150 meter, sedangkan dari sisi kegempaan terekam 129 kali gempa embusan.

"Oleh karena itu, status Gunung Slamet masih tetap 'siaga', dan masyarakat diimbau agar tidak beraktivitas dalam radius empat kilometer dari puncak," katanya saat dihubungi dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin (03/11/2014).

Ia mengatakan kondisi tersebut diketahui berdasarkan data pengamatan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Menurut dia, dalam pengamatan yang dilakukan pada hari Minggu (2/11), pukul 18.00-00.00 WIB, secara visual tidak teramati adanya embusan asap yang dikeluarkan Gunung Slamet, sedangkan dari sisi kegempaan terekam 135 kali gempa embusan.

"Kecenderungan menurun memang iya, tetapi ini alam. Paling tidak sampai hari ini menurun, tetapi kita tidak tahu bagaimana dengan besok, kami terus melakukan pemantauan," katanya (ant/lif)

Komentar

Baca juga

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto 'Hillary's America' Dinobatkan Sebagai Film Terburuk 2016

'Hillary's America' Dinobatkan Sebagai Film Terburuk 2016

Covesia.com - Film dokumenter yang mengritik calon Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Hillary Clinton dan kisah superhero "Batman vs...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Wiranto Usulkan Pembentukan Satgas Proapo untuk Tangkal Berita Hoax

Covesia.com - Menteri Koordinator (Menko) bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Wiranto mengusulkan pembentukan Satuan Tugas (Satgas)...

Website Monitoring