Jerman Tak Akan Akui Pemilihan di Ukraina Timur

| Jumat, 31-10-2014 | 21:00 WIB

Berlin - Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan kepada Presiden Vladimir Putin dalam pembicaraan melalui telepon bahwa pemilihan yang direncanakan berlangsung Ahad di bagian timur Ukraina tak sah dan tidak akan diakui oleh para pemimpin Eropa, kata seorang juru bicara Berlin, Jumat (31/10).

Merkel dan Putin mengadakan pembicaraan itu bersama dengan Presiden Prancis Francois Hollande dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, kata jubir Merkel, Georg Streiter dalam jumpa pers.

Dia mengatakan dalam pembicaraan tersebut ada pandangan berbeda mengenai "apa yang disebut pemilihan" Ahad di Donetsk dan Luhansk, dua republik yang diproklamasikan sendiri oleh rakyat.

"Merkel dan Hollande menggarisbawahi bahwa hanya ada pemungutan suara sesuai dengan undang-undang Ukraina," ujarnya, seraya menambahkan bahwa pemungutan suara itu akan melanggar persetujuan Minsk dan memperkuruh usaha-usaha untuk mencari solusi atas krisis di timur Ukraina itu.

"Pemerintah Jerman tidak akan mengakui pemilihan yang tak sah ini," kata jubir Merkel, yang menambahkan para pemimpin Eropa bersatu mengenai isu ini dan telah sepakat tentang hal ini dalam pertemuan puncak pekan lalu di Brussel.

Walau demikian, empat pemimpin itu menyambut baik persetujuan paling akhir antara Rusia dan Ukraina mengenai pasokan gas, kata jubir tersebut. Semua sepakat bahwa dua pihak hendaknya mengakhiri kekerasan di bagian timur Ukraina dan melaksanakan kesepakatan itu tetapi gencatan senjata yang disepakati rentan.

Lebih 3.700 orang telah meninggal dalam pertempuran di bagian timur Ukraina, tempat pasukan pro Moskow mengusahakan penyatuan dengan Rusia. Gencatan senjata berlaku sejak September tetapi pertempuran berskala kecil terjadi di beberapa kawasan. (ant/lif)

Komentar

Baca juga

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Mick Jagger Miliki Anak ke-8 di Usia 73 Tahun

Covesia.com - Vocalis Rolling Stones, Mick Jagger, kembali jadi ayah untuk kedelapan kalinya, Kamis waktu setempat, ketika pacarnya penari balet...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring