Gerilyawan Abu Sayyaf Bunuh Enam Tentara di Filipina

| Minggu, 02-11-2014 | 15:44 WIB

Zamboanga, Filipina, - Gerilyawan Abu Sayyaf menewaskan enam tentara di Filipina selatan Ahad kendatipun militer melancarkan serangan terhadap kelompok yang punya hubungan dengan Al Qaida itu, kata seorang juru bicara militer kepada AFP yang dikutip Antara dan dilansir Covesia.com, Minggu (02/11/2014).

Tentara melakukan patroli di pulau Basilan ketika mereka diserang oleh sekitar 20 petempur bersenjata berat.Juru bicara militer daerah itu Kapten Rowena Muyuela mengatakan juga "kemungkinan jatuh korban di pihak Abu Sayyaf".

Insiden itu terjadi kendatipun militer melancarkan serangan akhir pekan terhadap Abu Sayyaf di pulau Jolo, 129km dari Basilan.Pasukan terlibat pertempuran dengan sekitar 60 petempur Abu Sayyaf di Jolo dan bahkan menggunakan helikopter tempur untuk menghantam posisi-posisi mereka, kata militer.

Muyuela tidak dapat mengatakan apakah serangan terbaru di Basilan itu ada kaitannya dengan aksi kekerasan di Jolo.

Dua pulau berhutan lebat itu dikenal sebagai pangkalan-pangkalan Abu Sayaf yang didirikan tahun 1990-an atas biaya dari jaringan Al Qaida pimpinan Osama bn Laden.
Kelompok itu dituduh terlibat serangan-serangan teror paling buruk dalam sejarah negara itu termasuk ledakan-ledakan bom dan penculikan-penculikan massal para warga Kristen dan warga asing.

Kelompok itu melakukan pemerasan dan kejahatan, menuntut uang tebusan yang besar kepada para korban penculikan.

Abu Sayyaf baru-baru ini berjanji setai kepada kelompok IS (Negara Islam), kendatipun para pejabat militer dan pemerintah mengatakan bahwa ini hanya satu gerakan propaganda untuk meningkatkan citra mereka. (ant/lif)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Covesia.com - Lebih dari sepekan mengaku kelelahan karena "krisis spiritual", rapper Kanye West masih terbaring di sebuah rumah sakit di Los Angeles...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring