Tinjau Kebun Kakao Percontohan

Presiden Jokowi Segera Hadir di Sulawesi Barat

| Sabtu, 01-11-2014 | 22:35 WIB

Mamuju - Pemerintah Indonesia terus menggenjot berbagai program untuk kemajuan perkembangan beberapa daerah ditanah air.Salah satu bidang yang sangat potensial itu adalah pertanian dan perkebunan.

Untuk itulah,Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau secara langsung kebun percontohan kakao PT Nestle yang berada di Desa Tadui, Kecamatan Mamuju,Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (sulbar).

Agenda kunjungan itu sendiri merupakan sebagai salah satu program kunjungan Kepala Negara ke Provinsi Sulbar.Menurut jadwal, kunjungan itu akan dilaksanakan pada Rabu ,(5/11/2014) mendatang.

Kepala Seksi Humas Pemprov Sulbar, Ramli di Mamuju, Sabtu, mengatakan, Gubernur Sulbar,Anwar Adnan Saleh, akan lebih dulu meninjau kebun percontohan kakao Nestle di Desa Tadui seluas lima hektare sebelum dikunjungi Presiden Jokowi.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar telah mempersiapkan diri dalam menyambut kunjungan Presiden Jokowi di Sulbar yang juga akan meninjau pabrik minyak goreng terbesar di kawasan timur Indonesia yang terletak di Kecamatan Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara,yang dibangun dengan investasi PT Astra Agro Lestari sebesar Rp1,3 triliun dengan kapasitas produksi 2.000 ton.

Menurutnya, pabrik kakao di Kabupaten Mamuju yang telah diresmikan saat itu oleh Asosiasi Perkakaoan Dunia,terus mengalami perkembangan yang signifikan.

Perkebunan PT Nestle di Desa Tadui itu,baru-baru ini juga telah mengembangkan 1.000 bibit kakao siap tanam sebagai sebuah program yang menjanjikan bagi pengembangan kakao di tanah air.

Perkebunan kakao PT Nestle di Mamuju merupakan program kerjasama antara PT Nestle Puslitloka Jember dan Pemerintah Kabupaten Mamuju, program kerjasama itu akan berlansung selama tujuh tahun.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh sebelumnya mengatakan asosiasi perkakakoan dunia, yang didalamnya tergabung sejumlah negara penghasil kakao dunia seperti Ghana, Pantai Gading, Meksiko dan Indonesia, menganggap kakao di Sulbar, merupakan peluang investasi yang menjanjikan, karena potensi kakao sangat besar.

"Setelah membaca berita melalui internet, negara di dunia pengembang tanaman kakao, tertarik mengembangkan kakao di Sulbar, itulah sebabnya, mereka ingin melihat peluang dan tantangan kakao di Sulbar,melalui perantara PT Nestle sebagai perusahaan yang sangat tergantung pada tanaman kakao sebagai bahan baku industrinya," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar juga telah mengembangkan tanaman kakao melalui program gerakan peningkatan mutu dan produksi kakao (Gernas Pro Kakao), sejak tahun 2009, dan bertekad menjadikan Sulbar sebagai salah satu daerah di Indonesia yang akan menjadikan Indonesia penghasil kakao terbesar di dunia.(ant/jtr)


Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Covesia.com - Lebih dari sepekan mengaku kelelahan karena "krisis spiritual", rapper Kanye West masih terbaring di sebuah rumah sakit di Los Angeles...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring