60 Titik Api Terdeteksi di Sultra

| Sabtu, 01-11-2014 | 19:45 WIB

Kendari - 60 titik api terdeteksi di kawasan hutan di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara sejak kemarau panjang melanda provinsi itu.

"Kemarau panjang yang melanda wilayah Sultra dalam tiga bulan terakhir, telah memunculkan puluhan titik api di sejumlah kawasan hutan di daerah ini," kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sultra Kisran Makati, Sabtu (1/11/2014).

Jika masyarakat tidak ekstra hati-hati maka titik-titik api tersebut bisa menimbulkan kebaran hutan yang hebat, katanya.

"Beberapa titik api yang muncul akibat kemarau panjang tersebut telah menimbulkan kebakaran hutan lindung di kawasan Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TNRAW) di Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Bombana dan Kabupaten Kolaka Timur," katanya.

Menurutnya, ribuan hektar hutan lindung di wilayah tiga kabupaten di Sultra tersebut habis terbakar.

Selain membakar kawasan hutan katanya, kebakaran di kawasan TNRAW itu juga melalap padang savana yang dulu dihuni puluhan ribu ekor satwa liar jenis rusa dan anoa.

Menurutnya, luas kawasan hutan di wilayah Sultra di 2007 masih tercatat 2,6 juta hektar lebih. Pada 2011, luas kawasan hutan di Sultra tersisa 2,3 juta hektar lebih. Sepanjang tahun 2012 lalu, kawasan hutan yang mengalami kerusakan dilaporkan seluas 102 ribu hektar lebih.

"Kerusakan hutan seluas itu disebabkan oleh sejumlah perusahaan tambang yang beroperasi di tahun 2012," katanya. (ant/rud)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Selain Sebut Pernah Diperkosa, Lady Gaga Juga Ungkap Pernah Alami Gangguan Mental

Covesia.com - Penyanyi pop Lady Gaga mengungkapkan perjuangannya melawan gangguan kecemasan pascatrauma (post-traumatic stress disorder/PTSD),...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring