Pesona Pantai Air Manis dan Legenda Anak Durhaka

Defri Candra | Sabtu, 15-11-2014 | 18:39 WIB
Pesona Pantai Air Manis dan Legenda Anak Durhaka
Pisang Besar di Pantai Air Manis (Foto: Defri Candra)

Padang - Pantai Air Manis berkaitan erat dengan legenda Malin Kundang. Pantai yang terletak di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat ini, menyimpan pesona alam nan elok.

Jika kita singgah ke pantai air manis akan kita temui di tepi pantai itu, batu Malin Kundang dan beberapa perlengkapan kapalnya, yang juga berubah menjadi batu.

Konon kabarnya sosok Malin Kundang adalah karakter dalam dongeng yang berubah menjadi batu setelah dikutuk ibu kandungnya, bersama-sama dengan kapalnya, setelah ia durhaka kepada ibunya.

Dalam cerita itu juga digambarkan, MAlin Kundang dikutuk ibunya karena Ia menolak untuk mengakui ibunya yang telah tua dan renta, setelah dirinya bepergian ke daerah lain dan menjadi kaya raya.

Pantai Air Manis adalah tempat wisata favorit bagi wisatawan lokal dan asing karena air lautnya memiliki gelombang yang rendah dan pemandangan indah Gunung Padang.

Disekelilingnya juga ada sebuah pulau kecil bernama Pisang Kecil. Dari pagi hingga sore, Anda bisa berjalan kaki ke pulau yang memiliki luas satu hektar ini melalui air dangkal. Di sore hari, air pasang mulai naik dan Anda harus menggunakan perahu untuk kembali. Di sebelah kanannya, ada pulau lain yang disebut Pisang Besar. Penduduk lokal di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.

Hendri, salah seorang penjaga pantai mengatakan Pantai Air Manis memang salah satu tempat wisata faforit bagi mereka, dan pantai air manis ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke sini" katanya kepada covesia.com Sabtu, (15/11/2014).

Letak Pantai Air Manis hanya berjarak sekitar lima belas kilometer dari pusat kota Padang. Untuk menuju ke lokasi aksesnya juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Rutenya jika dari pusat kota Padang, Anda bisa ambil jalan yang menuju ke Teluk Bayur.

Dari sini, Anda juga bisa langsung menuju ke lokasi pantai. Bila menggunakan angkutan umum, maka dari pusat kota Padang Anda bisa menggunakan bus jurusan Padang-Bungus untuk menuju kesana.(def/jmb)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Akun triomacan2000

Komentar

Video

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Christian Sugiono Bagi Tips Bikin Video Online yang Ramah Ditonton

Covesia.com - Aktor Christian Sugiono sejak 2012 lalu mendirikan media online yang menyajikan video selain artikel, MBDC.Lima tahun mengurus platform...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Hindari Masalah di Perbankan dan Pahami 'BI Checking' Dengan Benar

Covesia.com - Dunia perbankan sudah menjadi bagian dari rutinitas perekonomian di dunia. Setiap urusan keuangan nyaris tidak terlepas dari...

Website Monitoring