Tabuik Piaman

Hari Ini Ritual Maarak Saroban

| Sabtu, 01-11-2014 | 16:49 WIB
Hari Ini Ritual Maarak Saroban
Pesta Hoyak Tabuik Piaman yang disaksikan ribuan orang tahun 2012. (Foto: Humas Pemko Pariaman)

Padang - Pesta budaya "Tabuik Piaman" yang dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat tahun 1436 H/2014, memasuki hari kedelapan sesuai dengan agenda resmi Pemerintah Kota Pariaman.

Pesta budaya yang sudah dimulai sejak tanggal 25 Oktober 2014 lalu, dimulai dengan acara ritual maambiak tanah (mengambil tanah). Ritual ini dilakukan di kawasan Pauh-Galombang.

Sementara hari ini, Sabtu (01/11/2014) ritual Tabuik berlangsung sejak pagi hingga malam hari. Lokasinya di rumah Tabuik Pasa dan Rumah Tabuik Subarang. (Baca: http://www.covesia.com/artikel/2/tabuik-piaman-selayang-pandang.html) Ritual pagi hari, yakni melakukan acara merias Tabuik. Sedangkan malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, dilakukan prosesi Maarak Saroban (mearak sorban).

Prosesi Maarak Saroban merupkan simbolisasi dari kegiatan yang melambangkan kebesaran dan penghormatan terhadap seorang pemimpin. Sorban biasanya dipakai oleh kyai atau syeh. Menggambarkan bahwa orang yang memakai sorban mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dalam bidang keagamaan. (cal)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Tabuik Piaman Warna Warni Indonesia

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Hiburan

Foto Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Kim Kardashian Setia Dampingi Suami di Rumah Sakit

Covesia.com - Lebih dari sepekan mengaku kelelahan karena "krisis spiritual", rapper Kanye West masih terbaring di sebuah rumah sakit di Los Angeles...

Dcover food and drink

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring