Pangambilan Telur Penyu Masih Marak

Pupulasi Penyu di Pantai Barat Sumatera Terancam

| Sabtu, 01-11-2014 | 16:24 WIB
Pupulasi Penyu di Pantai Barat Sumatera Terancam
Harfiandri Darmanhuri (dok Pribadi)

Padang - Sekitar 74 ribu butir telur penyu setiap tahunnya dieksploitasi oleh masyarakat di Sumatera barat (Sumbar). Maraknya eksploitasi ini dikhawatirkan membuat populasi pertumbuhan penyu di pantai barat sumatera terancam.

Ketua Pusat Studi dan Informasi Penyu Indonesia Sumatera Barat yang juga Dosen Universitas Bung Hatta (UBH) Padang Harfiandri Darmanhuri mengatakan, eksploitasi telur penyu untuk dikonsumsi masih sangat tinggi di Sumatera Barat. Menurutnya hal itu akan berdampak pada sistem keseimbangan alam dan lingkungan.

"Setahunnya kita kehilangan sekitar 74 ribu butir telur penyu yang diambil oleh masyarakat untuk diperdagangkan."Katanya ketika dihubungi covesia, Sabtu(1/11/2014).

Menurutnya, meski telah sering dilakukan edukasi mengenai pentingnya populasi penyu bagi lingkungan kepada masyarakat, namun masih banyak diabaikan. Hal ini masih terlihat dengan masih maraknya para pedagang telur penyu di kawasan pantai Muaro Padang.

"Bahkan Gubernur Sumbar kena petisi akibat perdagangan telur penyu ini."Katanya menambahkan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa empat daerah di Sumbar telah melakukan upaya konservasi namun belum banyak membantu. Empat wilayah yakni kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Namun dalam satu tahun keempat daerah ini hanya mampu menyelamatkan 15 ribu butir telur penyu dari para pengambil telur penyu, sedangkan setiap tahunnya Sumbar kehilangan 74 ribu butir telur. (ary)

Komentar

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

Sumbar Terkini

Hiburan

Foto Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Innalillahi, Oon Project Pop Tutup Usia

Covesia.com - Mochamad Fachroni, personel grup Project Pop yang dikenal dengan nama Oon, meninggal dunia pada Jumat, setelah lama menderita...

Ikuti Akun Twitter Covesia.com

Wawancara

Foto Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal
Ekonom, Josua Pardede, M.Sc

Implementasi Kebijakan Ekonomi di Tangan Jokowi-JK Belum Maksimal

Covesia.com - Hari ini, Kamis (20/10/2016) tepat dua tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Sebanyak...

Website Monitoring