Ssstt.. Ada Nasi Sek di Pariaman

Gusliyanti

*Redaktur

Sabtu, 08-11-2014
Ssstt.. Ada Nasi Sek di Pariaman

Padang- Tak lengkap rasanya jika berwisata di Pantai Gondoriah Pariaman, Sumatera Barat, tanpa mencicipi jajanan khas masyarakat di sini.

Nasi sek. Eitss.. Jangan berfikir negatif dulu. Dulu, masyarakat Pariaman mengatakan nasi Sek adalah singkatan dari "Saratuih Kanyang" (Seratus Kenyang). Melihat bentuk nasi sek hampir serupa dengan nasi kucing yang ada di Jogjakarta.

Nasi sek merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Nasi sek biasanya disantap dengan lauk pauk yang juga menjadi masakan khas di sini seperti ikan karang yang digulai, gulai jengkol, gulai kepala ikan, sayur daun singkong, terung balado, sambal cabai, goreng ikan dan lainnya.

Tak jarang para penjual nasi sek di sepanjang kawasan Pantai Gondoriah menyuguhkan teman lauk pauk inti seperti sala lauk dan rakik (rempeyek), yang lebih banyak rakik udang. Rakik udang yang disajikan mulai dari ukuran kecil sampai besar.

Untuk menyantap nasi sek, dulunya pengunjung memang hanya merogoh isi kantong seribu rupiah, tapi sekarang tentu harganya tidak demikian lagi.

Seiring perkembangan zaman, suguhan nasi sek tidak lagi sesederhana penyuguhan semula dengan lauk pauk secukupnya. Kini yang tetap menjadi ciri khas nasi sek adalah nasinya itu dibungkus dengan daun. Kemudian aneka lauk pauk yang menggiurkan selera.

Menyantap nasi sek lebih enak lagi duduk di pondok-pondok yang sudah disediakan para pedagang. Anda dapat memilih aneka lauk pauk sesuai selera anda seperti gulai kepala ikan.(gyi)

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

KOMENTAR

Quote Hari Ini

"Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru. Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku. Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku. Sebagai prasasti terima kasihku. Tuk pengabdianmu"

Sartono

Website Monitoring