Masyarakat Dalam Tumbuh Kembang Sektor Pariwisata Kota Pariaman

Muhammad Fahreza

*Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi 2016 Unand

Kamis, 12-10-2017
Masyarakat Dalam Tumbuh Kembang Sektor Pariwisata Kota Pariaman

Dok. Covesia

Potensi pariwisata Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, khususnya sumber daya alam di bidang pariwisata, sangatlah besar. Ini terbukti dari peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Tabuik. Juga bertambahnya jumlah hotel dan homestay dari tahun ke tahun.

Data Dinas Pariwisata Kota Pariaman menunjukkan, hotel pada 2014 berjumlah 9 unit, pada 2015 bertambah jadi 10 unit dan di 2016 mencapai 12 unit.

Sedangkan homestay pada 2014 berjumlah 15 unit, pada 2015 meningkat menjadi 18 unit, dan 2016 menjadi 20 unit. Sementara, pada tahun ini berkembang pesat menjadi sebanyak 150 homestay di Kota Pariaman.

Jika dilihat dari jasa transportasi laut, kapal penyeberangan pun terus bertambah. Dari 5 unit kapal pada 2014 meningkat cukup drastis menjadi 20 unit di tahun berikutnya.

Peningkatan tersebut tentunya didorong oleh meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke pulau-pulau di lepas pantai Kota Pariaman seperti Pulau Angso Duo dan Pulau Tangah.

Kemudian, pemerintah membatasi izin transportasi laut pada 2016 sampai sekarang menjadi maksimal 30 unit kapal. Pembatasan ini dilakukan karena masih terbatasnya dermaga kapal.

Masih banyak kawasan wisata Kota Pariaman yang belum dikenal wisatawan yang berada di luar Provinsi Sumatera Barat. Namun, Kota Pariaman miliki objek wisata yang sudah dikenal kalangan wisatawan seperti Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, dan kawasan konservasi penyu.

Objek wisata di Kota Pariaman seperti Pantai Cermin memiliki nilai keindahan pantai dengan pasirnya yang bersih dan pohon cemara yang rindang, di mana pohon cemara ini bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berteduh sambil menikmati keindahan pantai.

Tidak kalah dengan Pantai Cermin, Pantai Kata juga mempunyai kondisi yang sama, termasuk pantai-pantai lainnya seperti Pantai Sunur dan Pantai Nareh yang bisa dikembangkan sebagai lokasi olahraga air, surfing.

Untuk kemajuan sektor pariwisata, Kota Pariaman butuh peran aktif masyarakat. Peran tersebut secara berkelanjutan diharapkan dapat mempopulerkan objek wisata di Pariaman dan semakin dikenal wisatawan baik lokal, nasional maupun mancanegara.

Peran yang diharapkan tersebut berasala dari dari masyarakat yang sadar wisata sebagai penunjang peningkatan aktivitas sektor parwisata.

Menciptakan masyarakat sadar wisata sebenarnya tidak sulit. Ada beberapa indikator yang perlu diciptakan di kawasan wisata tersebut seperti:

Pertama; jaminan keamanan. Wisatawan yang datang ke Kota Pariaman merasa aman datang dan berada di kota ininext

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

KOMENTAR

Quote Hari Ini

"Kemenangan yang besar adalah ketika tidak jemawa atas kekalahan lawan. Kekalahan yang besar adalah ketika memberi celaan atas kemenangan lawan"

Website Monitoring