Tunggul Hitam dan Sate Simpang Maut

Marjeni Rokcalva

*Pimred covesia.com/Wartawan Utama

Sabtu, 01-11-2010
Tunggul Hitam dan Sate Simpang Maut

Pondok Sate Simpang Maut, Tabing, Padang. (Foto: Calva/covesia.com)

Tunggul Hitam adalah nama kawasan yang masuk dalam Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Kawasan Tunggul Hitam masuk dalam Kelurahan Dadok Tunggul Hitam. Kawasan ini cukup terkenal di Kota Padang dan Sumbar. Karena disinilah berada Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terkenal dengan aneka cerita itu. Ya, misalnya soal horor dan menakutkanlah.

Saya sendiri meskipun tinggal di Kelurahan Bungo Pasang, Koto Tangah, Padang, tapi tetap disebut orang Tunggul Hitam. Karena jalan pulang harus melewati TPU. Sudah lebih 17 tahun saya tinggal di sana bersama anak dan istri. Kawasan ini, baru sepuluh tahun belakangan mulai ramai, dan kini menjadi salah satu kawasan rawan macet di Kota Padang. Dan lokasi TPU oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pasang, juga mulai diberi lampu penerangan. Sehingga kesan seram dan angker semakin hilang. Bahkan ada yang pacaran segala di lapak pedagang yang berbatasan dengan dinding TPU, malam harinya. Sepuluh tahun lalu, TPU Tunggul Hitam, tidak pakai penerangan.

Meski demikian, saya terobos saja, pakai motor butut, bila pulang larut malam dari kantor, jam berapa saja. Dan bahkan tukang ojek sering kaget dengan aksi nekad itu. Sesekali juga ada yang pengendara motor menunggu saya melewati jalur itu di tengah malam, karena mereka tidak berani melewati jalur itu. Seram bercampur takut, tak ada penerangan pula, sebut mereka.

Berjalan malam, sebenarnya yang harus ditakutkan, ya kondisi kesehatan dan kondisi kenderaan. Kalau tiba-tiba motor mogok atau pecah ban, itulah yang sering saya cemaskan. Kalau soal cerita horor dan apalah namanya, sebaiknya dibawa enjoy saja. Sebagaimana aksi pedagang sate yang satu ini.

Lihat saja aksi pedagang sate di kawasan tak jauh dari Pasar Tabing Padang. Malah memberi nama pondok satenya dengan tulisan besar: 'Pondok Sate Simpang Maut, Mak Nyos'. Bukannya lengang, malah satenya laris manis. Sate disini khusus dibuat dari daging ayam kampung, lho. Plank merek ini, kira-kira setahun belakangan ada. Dulu sate ini dijual dengan gerobak di bahu jalan yang menghubungkan Simpang Tabing-Lubuk Minturun. Dan tidak pakai nama. Tapi orang-orang sudah menyebutnya dengan nama: Sate Simpang Maut.

Lokasi sate ini terletak di kawasan yang dikenal warga sekitar dengan sebutan Simpang Maut. Konon ceritanya jalan di simpang itu rawan kecelakaan dan bahkan ada yang meninggal. Jalan disana menikung dan ada pula jalan keluar masuk seperti gang dan berbentuk simpang tiga, gitu. Jadi kalau tidak hati-hati masuk gang, maut bisa mengintai. Dan dimulut gang itulah, gerobak sate berada.next

Galeri Foto Terbaru Covesia.com

KOMENTAR

Quote Hari Ini

"Kemenangan yang besar adalah ketika tidak jemawa atas kekalahan lawan. Kekalahan yang besar adalah ketika memberi celaan atas kemenangan lawan"

Website Monitoring