PDIP Dinyatakan Tidak Lolos Verifikasi Administrasi Parpol Tingkat Kabupaten Agam

PDIP Dinyatakan Tidak Lolos Verifikasi Administrasi Parpol Tingkat Kabupaten Agam Salah satu parpol sedang menyerahkan berkas perbaikan ke KPU Agam. (Foto: KPU Agam)

Covesia.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dinyatakan tidak memenuhi syarat dalam kepengurusan tingkat Kabupaten Agam. 

Partai politik berlambang banteng bermoncong putih tersebut tidak menyerahkan berkas perbaikan data dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Agam hingga batas akhir yang ditentukan, Jum,at, (1/12/2017) pukul 24.00 Wib.

Ketua KPU Agam, Al Hadi melalui Divisi Hukum, Izwaryani mengatakan, saat pendaftaran, PDIP menyerahkan data dukungan sebanyak 528 ke KPU Agam, namun dari penelitian adminitrasi yang dinyatakan memenuhi syarat hanya 53 data.

" PDIP harus memperbaiki data kembali sebanyak 475 data dukungan. Namun hingga saat batas akhir tidak diserahkan, jadi diputuskan tidak lolos tingkat kepengurusan kabupaten Agam," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Sabtu, (2/12/2017).

Dijelaskannya sebelumnya yang mendaftar ke KPU Agam sebanyak 16 partai,  setelah dilakukan verifikasi secara adminitrasi tahap pertama yang dinyatakan lolos untuk tahap verifikasi faktual 9 partai dan 4 partai masih melakukan  perbaikan kembali yaitu PBB, PKPI, PIKA, dan PDIP.

Untuk partai PDIP batas akhirnya tanggal 1 Desembar, sedangkan  PBB, PKPI, PIKA masih dalam proses perbaikan karena, 3 Parpol tersebut menjadi calon peserta pemilu setelah putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI. 

"Putusan tersebut ditindak lanjutan KPU RI dengan menyusun jadwal baru untuk Parpol yang diloloskan Bawaslu tersebut dengan keputusan nomor 2015 tahun 2017. Untuk 3 partai tersebut dibuatkan jadwal khusus penyerahan perbaikan berkas dukungan  dari tanggal 2 sampai 15 desember 2017," terangnya

Untuk tahap selanjutnya Parpol yang lolos tahap verifikasi adminitrasi akan dilanjutkan ke verifikasi faktual.

"Nantinya Hasil penelitian verifikasi akan diserahkan ke partai pada tanggal 12 sampai 15 Januari 2017, "tutup Izwaryani.

Reporter Agam: Johan Utoyo