Kapolres Bukittinggi Ungkapkan Penyebab Kebakaran di Pasar Atas

Kapolres Bukittinggi Ungkapkan Penyebab Kebakaran di Pasar Atas Petugas Pemadam Kebakaran saat melakuka pendinginan pasca kobaran api memamah kawasan pasar atas Bukittinggi, Senin (30/10/2017)(Foto:Covesia/Debi)

Covesia.com - Usai melakukan penyidikan sementara di lokasi kebakaran yang menghanguskan ratusan toko dan kios PKL di pasar atas Bukittinggi, Senin (30/10/2017), pihak kepolisian resor kota Bukittinggi memberikan klarifikasi terkait penyebab kebakaran tersebut.

Menurut keterangan Kapolres Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana mengatakan pihaknya telah meminta keterangan kepada 10 saksi di TKP ketika awal api muncul.

"Dari semua keterangan saksi jawabannya sama, api diduga berasal dari gardu listrik yang ada di lantai dua blok C," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketika saksi di lokasi kejadian telah berusaha memadamkan api dengan APAR namun api tidak padam dan malah membesar.

"Percikan api langsung merambah kabel-kabel listrik di sekeliling lokasi sehingga api tidak bisa di jinakan saat itu," sebutnya.

Ia juga menyebutkan lokasi kebakaran terparah berada di kawasan blok C yang kemudian merambah ke blok B dan A.

Sementara itu, sambungnya untuk lantai 2 blok C hangus terbakar dan tidak ada yang tersisa termasuk barang-barang pedagang, kemudian di blok B yang terkena juga serta blok A yang masih bisa diselamatkan.

"Untuk lantai atas saja ada 354 toko yang terbakar dan tidak ada yang tersisa sedangkan untuk jumlah toko di lantai bawah dan kios-kios PKL masih kita data," jelasnya.

Reporter Bukittinggi : Debi Kurnia